Indeks

58 Item Proyek Pembangunan di Kabupaten Lahat Diresmikan Gubernur Herman Deru

Gubernur Herman Deru menanda tangani prasasti tanda diresmikannya 58 proyek pembangunan di Kabupaten Lahat (BI/Humas Pemprov SS)
  • Saking Senangnya Dibuatkan Jalan Warga Lahat Ada yang Potong Sapi

LAHAT, Begawan Indonesia.com Sebenyak 58 item proyek pembangunan infrastruktur di Kabupaten Lahat Sumatera Selatan Tahun Anggaran (TA) 2019 dan 2020 diresmikan oleh Gubernur Sumatera Selatan Herman Deru dipusatkan di Kelurahan Pagar Agung Kecamatan Lahat Kabupaten Lahat, Sabtu (13/03/2021).

Gubernur Herman Deru berfoto bersama Forkopimda Kabupaten Lahat usai peresmian 58 Item proyek di sana (BI/Humas Pemprov SS)

Peresmian 58 item proyek infrastruktur di Kabupaten Lahat tersebut ditandai dengan penandatangan prasasti digital, penekanan tombol sirine, dan peninjauan langsung ruas jalan Lingkar Luar Kota Lahat oleh Gubernur Sumsel bersama Bupati Lahat, Wakil Bupati Lahat bersama unsur Forkopimda setempat.

Baca juga :Tinjau Pembangunan PLTU Tanjung Lalang, Herman Deru Optimis Sumsel Bakal Menjadi Lumbung Energi Nasional

Gubernur Herman Deru dalam arahannya mengatakan, 58 item proyek yang telah tuntas dibangun pada TA 2019 dan 2020 di Kabupaten Lahat seluruhnya didanai melalui APBD Provinsi Sumsel yang dukucurkan ke daerah itu sebagai apresiasi Pemprov atas upaya pemerataan pembangunan yang diarahkan untuk kesejahteraan masyarakat.

“Pembangunan yang dilakukan pemerintah muaranya tidak lain untuk kesejahteraan masyarakat. Tidak ada pengecualian semua warga Sumsel baik yang berdomisili di pinggir hutan, berdomisili di atas gunung, mereka punya hak menikmati hasil pembangunan, menikmati listrik, internet dan IT yang saat ini sudah menjadi kebutuhan hidup orang banyak,” tegas Herman Deru mengawali sambutannya.

Gubernur Herman Deru berjalan di lokasi jalan yang selesai dikerjakan dan terlihat mulus (BI/Humas Pemprov SS)

Dikatakannya, jumlah dana yang dukucurkan Pemprov untuk kabupaten/kota besarannya sangat variatif,  tergantung luas wilayah, jumlah penduduk dan letak geografis yang ada.

“Pemerataan pembangunan tidak ada pengecualian, pembangunan secara proporsional dan secara adil, meskipun adil tidak  harus sama,” imbuhnya.

Baca juga : Herman Deru Optimis Bangubsus Mampu Dorong Kesejahteraan Masyarakat dan Tekan Angka Kemiskinan

Dia juga mengingatkan dalam melakukan proses pembangunan di suatu wilayah tidak cukup hanya kemauan dan dana yang besar saja. Namun yang lebih penting adalah modal kerukunan dan kekompakan. Untuk itu  Herman Deru mengingatkan jajaran eksekutif dan legislatif Kabupaten Lahat untuk menjaga kekompakan termasuk dengan unsur TNI/Polri, tokoh agama dan pemuka masyarakat.

Herman Deru melihat foto hasil pembangunan yang menggunakan dana APBD Provinsi Sumsel di Kabupaten Lahat (BI/Humas Pemprov SS)

“Kita harus kompak bersinergi, pemerintah, legislatif, aparat, tokoh agama dan  masyarakat. Mari membangun bersama dengan tetap mengutamakan kerukunan menjaga Sumsel tetap zero konflik,”  tandasnya.

Sementara itu Bupati Lahat, Cik Ujang dalam sambutannya atas nama warga Lahat mengucapkan terima kasih kepada Herman Deru selaku Gubernur Sumsel yang  telah memberikan bantuannya dalam menuntaskan pembangunan infrastruktur di Kabupaten Lahat. Utamanya proyek mangkrak yang sulit diatasi oleh pemerintah setempat seperti halnya  penyelesaian  pembangunan jalan lingkar luar Kota Lahat yang panjangnya kurang lebih 11 Km.

“Karena  luas wilayah Kabupaten Lahat ditambah dengan terbatasnya  APBD Lahat antara 1,7 hingga 1,9  Triliun,

Tidak mungkin proyek besar tersebut  dapat diselesaikan oleh  Kabupaten Lahat sendiri. Tanpa bantuan dari Gubernur Sumsel. Untuk itu pak Gubernur, atas nama masyarakat Kabupaten Lahat kami ucapkan terimaksih,“ ucap Cik Ujang.

Baca juga : Polemik Penunjukan PLH Bupati OKU : Sekda Minta ke Herman Deru Tunjuk Orang Lain Sebagai Plh Bupati OKU

Atas kucuran bantuan dana dari Pemprov Sumsel sebut Cik Ujang, kini lebih dari 10 kecamatan di Kabupaten Lahat  telah menikmati jalan cor beton. Bahkan ada salah satu wilayahnya lebih dari 34 tahun lalu tidak tersentuh oleh pembangunan. Namun kini semua sudah berubah, kini  warga  mulai dari perkotaan hingga pedesaan sudah menikmati infrastruktur  atas bantuan Gubernur Herman Deru.

“Sebagai wujud syukur, dan ungkapan  terima kasih  kepada Gubernur Sumsel  mereka memotong sapi,” paparanya sembari tetap meminta agar Gubernur di TA 2021 kembali mengucurkan bantuan untuk  pembangunan jalan di daerah Kikim Area.

Dilain pihak Kepala Dinas Pengelolaan Sumber Daya Air (PSDA) Sumsel, Ir Herwan dalam laporannya menyebut,  berdasarkan kewenangan Pemprov Sumsel dan belanja bantuan bersifat khusus kepada Kabupaten Lahat pada TA. 2019 sebesar Rp 48.361.370.626 dan TA. 2020 sebesar Rp 158.246.101.945. (*Humas Pemprov SS)

Exit mobile version