Luar Biasa, Komisaris dan Direksi PT Sumsel Energi Gemilang Diganjar Penghargaan “TOP BUMD AWARD 2023” dari Majalah TOP BUSINESS

JAKARTA, Begawan Indonesia.com – Luar biasa capaian kinerja jajaran komisaris hingga direksi PT SUMSEL ENERGI GEMILANG (PT SEG) yang merupakan perusahaan daerah milik Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan.

Bagaimana tidak atas dedikasi,  kinerja dan upaya mengembangkan perusahaan, jajaran komisaris dan direksi perusahaan tersebut mendapat penghargaan bergengsi dari majalah bisnis “TOP BUSINESS” bekerjasama dengan Institut Otonomi Daerah (I-OTDA) dan sejumlah lembaga, asosiasi dan konsultasi bisnis di Hotel Rafles Jakarta Rabu (5/4/2023).

Pengharapan itu meliputi kategori sebagai BUMD ANEKA USAHA- BINTANG 4 dan TOP CEO BUMD 2023.

Sedangkan Gubernur Sumsel Herman Deru diganjar penghargaan sebagai TOP PEMBINA TERBAIK BUMD, BINTANG 5.

“Dengan ucapan syukur Alhamdulillah, hari ini 5 April 2023, bertempat di Ballroom Hotel Rafles Jakarta kami jajaran Komisaris dan Direksi PT Sumsel Energi Gemilang, menerima penghargaan “Top BUMD Award 2023, untuk pertamakalinya dari Majalah Top Business kategori BUMD ANEKA USAHA- BINTANG 4 dan TOP CEO BUMD 2023″, turut mendampingi Asisten 2 dan Kepala Biro Ekonomi Sekretariat Daerah Pemerintah Sumatera Selatan yang sekaligus mewakili Bapak Gubernur Sumatera Selatan H.Herman Deru yang juga mendapatkan penghargaan TOP PEMBINA TERBAIK BUMD, BINTANG 5,” kata Komisaris Utama PT SEG Arwin Novansyah SH.

Dijelaskan Arwin secara umum, penghargaan yang diberikan kepada PT SEG yang bergerak di bidang pertambangan dan energi itu karena beberapa hal seperti memiliki  kinerja yang baik, kepemimpinan dan manajemennya baik juga inovasi dalam pengembangan bisnis dan selaras dengan Visi BUMD.

“Telah melakukan inovasi bisnis dan perbaikan yang berkelanjutan dan didukung dengan managemen yang baik dan memiliki peran besar dan penting dalam pemulihan ekonomi daerah khususnya Provinsi Sumsel,” jelas Arwin Novansyah

Dengan diperolehnya penghargaan ini tambah Arwin, akan memberikan motivasi seluruh pegawai dan karyawan PT SEG untuk meningkatkan kinerjanya,

Diungkapkan Arwin, penghargaan yang mereka terimak dipersembahkan untuk masyarakat Sumatera Selatan, seluruh jajaran Pemerintahan Daerah Kabupaten/Kota khususnya penghasil Migas dan Pemerintah Propinsi Sumatera Selatan

“Semoga ini menjadi motivasi bagi kita semua untuk terus bekerja dan berkarya bagi kepentingan kemajuan perekonomian Sumatera Selatan. Terimaksih kepada semua pihak yang telah memberikan atensi &  dukungannya khususnya kepada Bapak Gubernur Atas bimbingan, arahan dan motivasi kepada kami jajaran Komisaris, Direksi dan Karyawan PT. Sumsel Energi Gemilang (Perseroda),” imbuh putra asli Muara Kuang Ogan Ilir ini.

Sementara Ketua Penyelenggara Top BUMD Awards 2023, M. Lutfi Handayani, MM., MBA., seperti dikutip di berita harian neraca mengatakan bahwa tema yang diangkat tahun 2023 ini adalah ‘Inovasi dalam membangun Kinerja Bisnis dan Layanan BUMD’. Inovasi sangat penting bagi BUMD. Sebab, jika inovasi ditularkan, tentu mendorong BUMD lain untuk terus tumbuh. BUMD adalah aset milik pemda (pemerintah daerah). Dan bila semua terus inovatif-maju, tentu BUMD bukanlah sekadar aset daerah.

“Tetapi juga menjadi aset bangsa Indonesia. Sebab mereka mendukung pembangunan merata untuk Indonesia yang maju. Dengan demikian, permasalahan seperti kemiskinan dan lain-lain, lebih mudah diselesaikan karena peranan BUMD,” papar Lutfi.

Lutfi menambahkan bahwa kegiatan TOP BUMD Awards, diselenggarakan untuk mendukung pelaksanaan UU No 23 Tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah, yang di dalamnya mengatur mengenai maksud dan tujuan didirikannya BUMD, dan Peraturan Pemerintah (PP) No. 54 Tahun 2017 tentang BUMD, yang didalamnya mengatur tentang tata cara pengelolaan BUMD. 

Dalam sambutannya, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI Sandiaga S. Uno, meminta agar BUMD terus bersemangat tinggi demi kebangkitan ekonomi nasional lebih lanjut. 

“Demi mengembangkan ekonomi kreatif di Indonesia, kita memperkuat sinergi antara BUMD dengan lembaga lain, seperti dengan BUMN, pihak swasta, dan butuh peran serta dari Pemerintah Daerah juga. Dan perlu program yang tepat sasaran, tepat manfaat, dan tepat waktu,” kata Sandiaga.

Kriteria Penilaian

Sementara itu, dalam sambutannya di acara tersebut, Ketua Dewan Juri Top BUMD Awards 2023, Prof. Dr. Djohermansyah Djohan, M.A., menjelaskan kriteria penilaian yang digunakan dalam penghargaan tersebut. Kriteria utama penilaian oleh Dewan Juri Top BUMD Awards 2023, mengacu pada empat aspek penting untuk menentukan level bintang penghargaan dari Bintang 1 sampai yang tertinggi, yakni Bintang 5.

Pertama, aspek pencapaian kinerja bisnisnya, baik dan berkelanjutan (atau achievement). Di sini, ada beberapa kriteria, seperti: memiliki kinerja keuangan, human capital, pemasaran, dan layanan pelanggan yang baik; pencapaian kinerjanya, mengarah pada pencapaian visi-misi BUMD-nya; memiliki aspek kepemimpinan dan sistem manajerial yang baik.

Kemudian aspek yang kedua adalah, BUMD yang terus melakukan perbaikan (atau Improvement). Dalam aspek ini, kriteria penilaian yang digunakan adalah apakah BUMD memiliki inovasi bisnis secara umum; ada upaya perbaikan sistem/business process; meningkatkan efisiensi dan efektivitas operasional/bisnis, yang ditunjang dengan teknologi.

Sedangkan yang ketiga, adalah aspek kontribusi dalam pembangunan daerah. Kriterianya adalah, BUMD yang memiliki peran dalam peningkatan perekonomian/kesejahteraan sosial/layanan publik kepada masyarakat daerah; mendukung program Pemerintah Daerah dan/atau Program Pemerintah Pusat di daerah; berkontribusi dalam setoran PAD (untuk BUMD yang murni profit oriented).

Dan aspek yang keempat, adalah inovasi BUMD untuk mendukung bisnis BUMD agar tumbuh berkelanjutan. Sedangkan untuk tambahan kriteria untuk mendapat Level Bintang 5 (tertinggi), adalah BUMD yang dapat menjadi benchmark/contoh/inspirasi bagi BUMD lainnya. Jadi, BUMD Bintang 5, harus memiliki kinerja bisnis yang sangat baik, dan ada hal-hal tertentu yang dinilai sangat menonjol, dan layak direkomendasikan atau menjadi benchmark bagi BUMD lainnya.

“Dan pada penyelenggaraan Top BUMD Awards 2023 ini, ada 8 BUMD yang telah berhasil mendapatkan penghargaan level Bintang 5 selama tiga tahun berturut-turut, sehingga akan mendapatkan penghargaan spesial berupa Golden Trophy Top BUMD Awards,” kata Djohermansyah.

Dewan Juri juga menetapkan penghargaan Top Pembina BUMD 2023. Penghargaan Top Pembina BUMD diberikan kepada kepala daerah (gubernur, bupati, walikota) yang BUMD-nya mendapat penghargaan dalam kegiatan Top BUMD 2023 ini. “Penghargaan ini diberikan karena Dewan Juri menilai, bahwa keberhasilan kinerja BUMD, tentu tidak lepas dari dukungan dan peran kepala daerahnya,” Djohermansyah menambahkan.***

Sumber : sebagian diambil dari neraca.co.id