Hari Pertama Kerja, Pj Gubernur Sumatera Selatan Agus Fatoni Roadshow Kunjungi Anggota Forkompimda

PALEMBANG. Begawan Indonesia.com – Hari pertama kerja, Penjabat (Pj) Gubernur Sumatera Selatan Agus Fatoni melakukan roadshow mengunjungi seluruh anggota Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda). Ini dilakukannya untuk terus menjaga kekompakan sehingga sinergitas terus terjaga dengan baik.

Kunjungan pertamanya adalah ke Kantor DPRD Provinsi Sumatera Selatan. Di sana dia disambut dengan baik oleh Ketua DPRD Provinsi Sumatera Selatan R.A Anita Noeringhati.

“Ini sebagai bentuk koordinasi, karena Forkopimda itu adalah mitranya Pemerintah Daerah maka kita harus membangun silaturahmi dengan baik,” kata Fatoni di Kantor DPRD Provinsi Sumatera Selatan, Palembang, Sumatera Selatan, Rabu (4/10/2023).

Melalui kunjungan ini juga, Fatoni membahas sejumlah permasalahan yang terjadi di Sumsel termasuk program prioritas yang perlu penanganan cepat seperti karhutla, inflasi, stunting, kemiskinan ektrim dan pemilihan kepala daerah (Pilkada) Tahun 2024.

Kemudian, kunjungan selanjutnya adalah ke Makodam II Sriwijaya Sumatera Selatan. Tiba di sana, Fatoni juga langsung disambut baik oleh Pangdam II/Sriwijaya Mayjen TNI Yanuar Adil bersama jajaran.

Menurutnya, banyak hal yang dibahas dalam kunjungannya ke Kodam II/Sriwijaya ini. Termasuk juga persoalan kebakaran hutan dan lahan (karhutla) yang saat ini masih terjadi di Sumsel.

“Kita diskusi berbagai hal dan persoalan yang terjadi, termasuk karhutla. Dengan komunikasi dan sinergi ini, semua hal dan persoalan yang kini terjadi akan terkoordinasi dengan baik,” kata Fatoni.

Dalam kesempatan yang sama, Pangdam II/Sriwijaya Mayjen TNI Yanuar Adil mengatakan penguatan koordinasi ini memang sangat penting dilakukan.

Setelah itu, Fatoni bergerak menuju lokasi ketiga, yaitu ke Kantor Pengadilan Tinggi Palembang. Di sana, dia disambut baik oleh Ketua Pengadilan Tinggi Palembang Mohammad Eka Kartika dan membahas sejumlah hal, salah satunya adalah terkait situasi keamanan dan ketertiban di Sumatera Selatan.

“Kunjungan silaturahmi ini  dilakukan untuk mempererat dan meningkatkan silahturahmi dan kolaborasi antar Forkopimda, sehingga upaya penyelesaian setiap persoalan yang saat ini terjadi dapat terkoordinasi dengan baik,” ucap Fatoni.

“Untuk menyelesaikan sejumlah persoalan itu tentu butuh dukungan dan kerjasama dari semua pihak,” sambungnya.

Terakhir, Fatoni menutup kunjungan Forkopimda ke Mapolda Sumatera Selatan. Di sana dia disambut baik oleh Kapolda Sumatera Selatan Irjen Rachmad Wibowo.

Kunjungan ini selaras dengan komitmennya untuk segera mengendalikan kebakaran hutan dan lahan (karhutla) yang masih terjadi di wilayah Sumsel. Ini dikarenakan menyangkut keselamatan jiwa dan kesehatan masyarakat luas.

“Saya yakin seluruh perkerjaan bisa terselesaikan dengan baik. Karena ini menyangkut nama baik bangsa kita, apalagi kalo sampai mengeksplor negara lain. Oleh karna itu harus ditangani, karena ini menyangkut keselamatan jiwa dan kesehatan masyarakat,” kata Fatoni.

Fatoni mengakui, dalam penanganan karhutla dibutuhkan dukungan dan kerjasama dari semua pihak, terkhusus TNI, Polri, DPRD, Bupati/Walikota, dan yang paling penting adalah keterlibatan seluruh masyarakat provinsi Sumsel.

Dalam kesempatan ini, Fatoni juga mengapresiasi kinerja Polda Sumatera Selatan karena telah melakukan gerak cepat untuk penanganan karhutla. Salah satunya dengan melakukan operasi mandiri kewilayahan ‘Operasi Stop Karhutla Musi 2023’ dengan melibatkan 460 personel, TMT 12 September hingga 12 Oktober 2023 dan akan dilaksanakan evaluasi secara rutin.

Sejak dilantik sebagai Pj Gubernur Sumsel Fatoni sendiri telah berkomitmen untuk memperkuat sinergitas seluruh pihak di daerah ini.**