Jembatan Serigeni Putus Akibat Enceng Gondok, Bupati OKI Iskandar Minta Dinas PUPR Segera Perbaiki 

Bupati Ogan Komering Ilir Iskandar mengejek jembatan Srigeni yang putus akibat diterjang eceng gondok (BI/DISKOMINFO OKI)

OGAN KOMERING ILIR, Begawan Indonesia.com Bupati Ogan Komering Ilir, H. Iskandar, SE meninjau langsung jembatan putus akibat diterjang arus deras Sungai Komering di Desa Serigeni Kecamatan Kayuagung, OKI pada Kamis, (25/3/2021) siang.

Baca juga : Peringati Hari Air Sedunia, Bupati OKI Iskandar  Ingatkan Pentingnya Air Bagi Kehidupan 

Bupati Iskandar meminta instansi terkait segera melakukan perbaikan bagian jembatan yang rusak agar aktivitas warga yang melintasi jembatan tersebut dapat berjalan lagi seperti biasa.

“Saya minta PUPR lakukan perbaikan segera bagian jembatan yang putus terseret arus agar jembatan khusus roda dua dan pejalan kaki ini dapat dimanfaatkan kembali” ujar Iskandar.

Dengan adanya perbaikan jembatan tersebut, ia mengharapkan aktivitas perekonomian masyarakat di daerah itu normal kembali. Selain itu Iskandar juga meminta semua pihak bekerjasama untuk mengatasi persoalan sampah enceng gondok yang mengotori aliran Sungai Komering.

Baca juga : Bupati OKI Iskandar Resmikan Embung Kayuagung, Sekaligus Lokasi Wisata Baru di Ogan Komering Ilir  Berkonsep Konservasi Air 

“Banyaknya eceng gondok yang menyebabkan aliran air tidak lancar dan menjadi meluap, juga membahayakan jembatan terlebih musim penghujan seperti ini”,ungkapnya.

Untuk itu, selain kepada Dinas PUPR, Iskandar juga meminta kepada kepala Desa di sepanjang sungai turut memelihara dan membersihkan sampah enceng gondok melalui pedanaan dana desa.

Baca juga : Terapkan Standar Pengelolaan Keuangan  Pemkab OKI Adakan Bimbingan Teknis Permendagri 77/2020

Sebelumnya, jajaran Dinas PUPR Kabupaten OKI dibantu warga sekitar sigap mengevakuasi jembatan agar tidak membahayakan penduduk sekitar.

“Akibat derasnya debit air, ditambah beban timbunan rumput dan enceng gondok hingga besi penahan jembatan tidak kuat. Kita segera lakukan perbaikan melalui dana pemeliharaan”, ungkap Kepala Dinas PU PR OKI, Ir. H. Hafidz, MM.

Baca juga : 56 CPNS Pemkab OKI Dikukuhkan, Bupati Iskandar Ingatkan Jaga Integritas

Terkait timbunan sampah enceng gondok di Sungai Komering Hafidz mengungkap pada tahun ini pihaknya akan membangun kontruksi penahan enceng gondok di Sungai Komering.

“Enceng gondok dan rumput yang dialirkan ke Sungai Komering ini sangat mengganggu dan merugikan apa lagi saat debit air sungai naik akibat curah hujan tinggi. Kita sedang mengupayakan antisipasinya dengan membangun kontruksi penahan di Kelurahan Jua-Jua tahun ini juga”, ungkap dia. (Diskominfo OKI)

About Redaksi 2411 Articles
Objektif dan Terpercaya

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*