Pj Gubernur Agus Fatoni  : Kami Diberi Amanah Wujudkan Sumsel Tetap Maju, Berkembang dan Masyarakatnya Sejahtera

Begawan Indonesia.com – Penjabat (Pj) Gubernur Sumatera Selatan (Sumsel) Agus Fatoni mengaku bangga dengan sejumlah  prestasi dan penghargaan yang telah diraih Provinsi Sumsel dalam lima tahun terakhir  di bawah kepemimpinan Gubernur Sumsel H Herman Deru dan  Wakil Gubernur H Mawardi Yahya (HDMY) masa jabatan 2018-2023.

Menurut dia, keberhasilan Pemprov Sumsel mengoleksi 214 penghargaan tingkat nasional tersebut merupakan bukti  begitu kompak dan sinerginya pasangan Gubernur Herman Deru dan Wagub Mawardi Yahya  bersama Forkopimda dan instansi Vertikal berkolaborasi  dalam memajukan Sumsel dari segala sektor pembangunan.

“Kita ucapkan terima kasih kepada beliau berdua yang memimpin dan membawa kemajuan Sumsel sehingga menjadi Provinsi terdepan dengan begitu banyak prestasi dan capaian,” kata Fatoni saat sambutan didampingi Pj Ketua TP PKK  Sumsel  Hj Tyas Fatoni dalam acara Penyerahan Memori Jabatan Gubernur Sumsel dan Wakil Gubernur Sumsel  masa jabatan 2018 – 2023 kepada Pj Gubernur Sumsel dan Penyerahan Memori Jabatan Ketua TP PKK  Sumsel dan Wakil Ketua TP PKK Sumsel kepada Pj Ketua TP PKK Sumsel Sumsel masa bakti 2018 – 2023, bertempat di rumah dinas Gubernur Sumsel, Griya Agung Palembang, Rabu ( 4/10/2023).

Lebih lanjut Fatoni  mengucap syukur telah  menjadi bagian dari Sumsel. Terlebih daerah kelahirannya  Desa Sukabumi Kecamatan Buay Bahuga  Kabupaten Way Kanan Provinsi Lampung berbatasan langsung dengan Kabupaten OKU Timur Provinsi Sumsel. Karena itu dia merasa ditunjuk menjadi Pj Gubernur Sumsel merupakan kebanggaan tersendiri dan merupakan amanah yang tidak ringan yang harus dikerjakan  dengan  penuh rasa tanggung jawab.

“Saya pernah diberi kesempatan untuk menjadi Pj Sulawesi Utara. Dan hari ini amanah yang kami emban  akan kami jalankan dengan baik agar Sumsel tetap maju, berkembang dan masyarakatnya sejahtera,” ucapnya. 

Apalagi lanjut Fatoni dalam meraih prestasi tentu tidak bisa dilakukan sendiri-sendiri. Tidak bisa melakukan apa-apa tanpa dukungan tokoh masyarakat, Forkopimda dan OPD maka semua harus bersama-sama.

“Kalau kita bisa bekerja sendiri alangkah baiknya kita bekerja bersama-sama. Penghargaan yang begitu banyak 214 itu prestasi. Penghargaan ini hanya sebagai simbol bahwa di dalamnya sudah banyak di capai,” terangnya.

Lanjut Fatoni mengatakan apa yang telah di capai Provinsi Sumsel ini nyatanya bagus, Sumsel maju memang Sumsel sangat maju.

 “Inilah tugas kita bersama dipertahankan dan tingakatkan. Kami tidak bisa bekerja sendiri. Maka perlu dukungan semua,” ujarnya.

Untuk itu Fatoni mengajak semua pihak agar bisa meneruskan prestasi-prestasi yang telah di raih untuk dijaga dan dirawat agar Sumsel menjadi Provinsi terdepan dari daerah lain di Indonesia. 

“Kita satukan energi agar harapan yang dibebankan dan ditunjuk kepada kita bisa kita laksanakan dengan sebaik-sebaiknya. Untuk mendorong Sumsel semakin maju, berjaya dan masyarakatnya semakin sejahtera,” tutupnya. 

Sementara itu, Gubernur Sumsel masa jabatan 2018-2023, H Herman Deru didampingi Wakil Gubernur Sumsel masa jabatan 2018 – 2023, H Mawardi Yahya mengucapkan terima kasih bayak kepada seluruh jajaran Pemprov Sumsel mulai dari eselon tertinggi sampai honorer atas dukungan kinerjanya selama ini dalam mendukung roda pemerintahan.

“Kemajuan dan prestasi selama ini tidak mungkin semua itu terwujud tanpa sinergitas,” katanya.

Herman Deru juga mengucapkan selamat datang kepada Pj Gubernur Agus Fatoni dan Pj Ketua TP PKK Sumsel Hj Tiyas Fatoni sehingga bisa bertugas di Sumsel apalagi wilayah ini sudah sangat akrab dengan sosok Pj Gubernur karena  hampir setiap agenda kegiatan penting di Pemprov Sumsel dia  selalu hadir.

Herman Deru mendoakan agar Pj Gubernur Agus Fatoni dan istri dapat menjalankan tugas dengan baik dan sukses. Di tengah  situasi saat ini yang sedang terjadi yaitu persoalan Kabakaran Hutan dan Lahan (Karhutla).

“Kalau Inflasi di Sumsel sudah tekendali.Kemiskinan ekstrim sudah menurun. Dan saya yakin pak Agus Fatoni bisa lebih menekan lagi dalam penurunan kemiskinan ekstrim,” harapnya. 

Meski sudah tidak menjabat sebagai Gubernur Sumsel,  Herman Deru mengharapkan komunikasi dan silaturahmi dapat terus terjalin. Begitu dengan  Forkopimda, Herman Deru mengucapkan terima kasih atas sinergitas dan kerjasamanya selama ini, dan diharapkan kerjasama ini dapat berlanjut dengan Pj Gubernur Agus Fatoni.

“Begitu banyak yang ditorehkan oleh Pemprov Sumsel terbukti ada 214 penghargaan yang torehkan. Itu bukanlah prestasi saya tapi ini berkat sinergitas dan soliditas antar semua komponen demi mewujudkan Sumsel Maju Untuk Semua,” pungkasnya.

Adapun prosesi penyerahan memori Jabatan Gubernur Sumsel masa jabatan 2018-2023 diserahkan langsung oleh  H Herman Deru kepada Pj Gubernur Sumsel Agus Fatoni. Kemudian dilanjutkan dengan penandatanganan serah terima jabatan. Begitupun dengan   memori Jabatan  Ketua TP PKK Sumsel masa jabatan 2018-2023 diserahkan langsung oleh  Hj Febrita Lustia HD kepada Pj Ketua TP PKK, Hj Tyas Fatoni.

Dalam Penyerahan Memori Jabatan Gubernur Sumsel dan Wakil Gubernur Sumsel  masa jabatan 2018 – 2023 kepada Pj Gubernur Sumsel tersebut hadir secara  langsung  sejumlah  pejabat dilingkungan Direktorat Keuangan Daerah Kementerian Dalam Negeri RI, Forkopimda Sumsel, Para Instansi Vertikal, Bupati/Walikota Se-Sumsel, Sekda Provinsi Sumsel dan istri serta para Kepala OPD  dan Biro  Dilingkungan Pemprov Sumsel.**